Beranda FYI Wow! Inilah Beberapa Keunikan Lebah Madu

Wow! Inilah Beberapa Keunikan Lebah Madu

56
0

Siapa yang tidak tahu dengan lebah madu? Satu hewan penghasil makanan manis yang kaya akan khasiat. Di Indonesia ada beberapa spesies lebah yang menghasilkan madu, antara lain lebah hutan (Apis dorsata), lebah lokal (Apis cerana), lebah lanceng (Trigona sp.), dan lebah Italia (Apis mellifica). Selain produk dari lebah yang kaya akan manfaat, lebah madu ternyata memiliki keunikan tersendiri lho. Apa saja keunikan lebah madu?

Kasta dalam Koloni Lebah Madu
Dalam koloni lebah madu terdapat tiga kasta, yakni lebah ratu (queen), lebah jantan (drone), dan lebah pekerja (worker). Lebah ratu memiliki ukuran tubuh paling besar dan hanya terdapat seekor dalam satu koloni. Peranan lebah ratu yaitu untuk menghasilkan telur.

Ada yang unik nih dalam proses perkawinan lebah ratu, yaitu adanya seleksi alam gitu. Jadi, lebah ratu akan terbang setinggi-tingginya dan akan dikejar oleh lebah jantan, lebah jantan yang kuat dan mampu mengejar lebah ratu lah yang akan mengawini lebah ratu. Namun, lebah jantan akan mati setelah proses perkawinan ini karena alat reproduksinya teringgal dalam abdomen lebah ratu.

Kasta yang kedua yaitu lebah jantan atau drone. Ukuran tubuh lebah jantan lebih kecil dari lebah ratu dan hanya berjumlah 100-500 ekor saja dalam satu koloni. Lebah jantan ini tidak mempunyai sengat lho. Pekerjaannya hanya untuk mengawini lebah madu. Dalam kondisi paceklik, lebah jantan akan dibunuh oleh lebah pekerja untuk mengurangi beban makanan.

Kasta terakhir nih, lebah pekerja atau worker. Ukuran tubuhnya paling kecil, namun jumlahnya paling banyak. Lebah pekerja ini berjenis kelamin betina namun bersifat infertil atau tidak bisa dibuahi. Setiap lebah pekerja memiliki sengat dan akan mati jika sudah menyengat. Sesuai dengan namanya, kasta lebah ini memiliki pekerjaan paling kompleks.

Pekerjaan lebah pekerja ternyata dibagi berdasarkan umurnya lho. Lebah pekerja yang lebih muda bertugas untuk menyuapi royal jeli pada lebah ratu, lebah pekerja yang lebih tua bertugas untuk mencari air, polen, dan nektar, sedangkan lebah pekerja yang paling tua bertugas untuk menjaga dan membersihkan sarang.

Tarian Lebah Madu
Tarian ini digunakan untuk menunjukan letak sumber makanan. Ketika seekor lebah pekerja yang bertugas sebagai pemandu kembali dari mencari sumber makanan, lebah pekerja akan “menari” untuk memberikan informasi mengenai letak sumber makanan kepada lebah pekerja yang lainnya.

Ada dua tarian lebah madu yaitu round dance atau tarian memutar dan waggle dance. Round dance digunakan jika sumber makanan sekitar 50 meter dari sarang. Lebah pekerja akan bergerak memutar, kemudian akan berbalik dan mengulang gerakannya. Tarian ini hanya untuk menunjukan jarak saja.

Satu lagi nih, waggle dance digunakan ketika sumber makanan letaknya lebih dari 150 meter dari sarang. Waggle dance ini menunjukan jarak dan arah sumber makanan. Dalam tarian ini, lebah pekerja akan menggoyang-goyangkan bagian perutnya dan bergerak seperti angka delapan. Dalam menentukan arah, lebah madu menjadikan matahari sebagai patokannya.

Jika tarian lebah madu mengarah ke atas sarang, maka sumber makanan searah dengan matahari, sedangkan jika tarian mengarah ke bagian bawah sarang, sumber makanan berlawanan dengan matahari, dan jika tarian menunjukan sudut tertentu misalnya 60 derajat, maka arah sumber makanan 60 derajat dari matahari. Lama waktu tarian dan jumlah getaran menunjukan secara akurat jarak sumber makanan.

Madu Bersifat Antibakteri
Madu yang dihasilkan oleh lebah akan disimpan pada sel madu. Komponen gula terbanyak adalah pada glukosa dan fruktosa. Madu bersifat higroskopis atau menarik air. Dan yang menyebabkan madu bersifat antibakteri adalah karena kandungan gula yang tinggi dan keasaman yang rendah.

Selain itu, sifat madu yang higroskopis membuat bakteri yang masuk ke madu cairannya akan terserap dan menyebabkan bakteri mati. Madu juga bersifat inhibit terhadap bakteri karena memiliki enzim glukosidase.

Wah, ternyata lebah madu luar biasa ya. Mereka memiliki struktur yang apik dalam koloni dengan tugasnya masing-masing. Selain itu, cara lebah madu berkomunkasi menggunakan tarian juga sangat unik. Belum lagi produk yang dihasilkan lebah madu yang memiliki banyak manfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here